Cara Iklan Di Instagram Ads Dan Facebook Ad, Yuk Simak!
Cara Iklan Di Instagram Ads Dan Facebook Ad, Yuk Simak!

Cara Iklan Di Instagram Ads Dan Facebook Ad, Yuk Simak!

Posted on

Sebelum bisa menerbitkan iklan di Instagram, Sobat Tekno harus memiliki akunfacebook dan fanpage difacebook terlebih dahulu, Agar kamu dapat mengakses facebook bussiness manager. Untuk memahami apa itu bussiness manager baca tautan dibawah ini.

Jika konten dan facebook bussiness manager sudah siap, maka kamu sudah bisa melakukan cara iklan di Instagram Ads dan Facebook Ads ini. Pada dasarnya cara iklan di kedua platform ini sama, karena Facebook dan Instagram merupakan platform dari facebook group.

Cara Iklan Di Instagram Ads Dan Facebook Ad, Yuk Simak!
Cara Iklan Di Instagram Ads Dan Facebook Ad, Yuk Simak!

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut seperti yang dikutip dari Niaga Hoster. Langkahnya bakal cukup banyak lho sob. Tapi, yuk jangan malas dulu dan simak cara iklan di Instagram ads dan Facebook Ads sampai selesai. Agar kamu tidak kebingungan untuk beriklan di FB dan IG ads.

1. Buka Facebook Ads Manager

Buka laman Facebook Ads Manager menngunakan akun Facebook yang Kamu gunakan untuk halaman Facebook.

2. Pilih Pembuatan Iklan Terpandu

Buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan. Facebook akan memberikan dua pilihan membuat iklan, yaitu Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat. Sebaiknya pilih Pembuatan Iklan Terpandu agar iklan dapat lebih dispesifikasi.

3. Tentukan Tujuan Iklan

Selanjutnya, tentukan tujuan iklan yang ingin dicapai. Facebook Ads Manager menyediakan tujuan iklan dalam tiga kategori berbeda, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi seperti yang ditampilkan di gambar berikut.

  • Kesadaran (Awareness)

Kesadaran Merek adalah fungsi untuk meningkatkan brand awareness dan menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar tertarik

Jangkauan berfungsi untuk menampilkan iklan pada jumlah maksimal dari orang sesuai dengan anggaran.

  • Pertimbangan (Consideration)

Lalu lintas/Trafik: Meningkatkan jumlah kunjungan ke website atau mendapatkan banyak pengguna untuk aplikasi Anda.

Interaksi: Pilihan ini tepat jika ingin mendapatkan interaksi pada kiriman, like halaman, tanggapan pada acara yang akan diselenggarakan atau untuk promosikan mengenai produk.

Pemasangan aplikasi: Tujuan iklan ini berguna bagi yang menginginkan orang lain menginstal aplikasi yang dibuat.

Penayangan video: Jika konten berupa video, pilihan ini harus dipilih untuk mendapatkan lebih banyak orang menonton video yang dibuat.

Pembuatan prospek: Untuk mengumpulkan data dari orang yang memiliki ketertarikan pada produk, data tersebut dapat berupa alamat email

Pesan: Mengajak target audience untuk mengirim pesan ke bisnis di Messenger atau WhatsApp

  • Konversi (Conversion)

Konversi: Bagi yang ingin meningkatkan jumlah orang yang berbelanja dengan melakukan pembelian produk pada website.

Penjualan katalog produk: Menampilkan iklan mengenai produk katalog sesuai dengan target yang ditentukan.

Kunjungan toko: Jika memiliki toko offline atau toko fisik, silakan pilih bagian ini untuk meningkatkan pelanggan mengunjungi tokomu.

4. Klik Tujuan Iklan

Pertimbangkan tujuan iklan mana yang paling cocok.

5. Pilih Jenis Iklan

Facebook menyediakan dua jenis pilihan iklan, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Dan Kamu harus memilih salah satu. Dua jenis iklan tersebut tidak dapat digunakan bersamaan.

Di jenis iklan Uji Split, Kamu akan diminta membuat dua iklan dengan konten yang mirip, yaitu konten A dan konten B. Target audience akan dibagi menjadi dua dan akan melihat iklan yang berbeda. Dengan begitu Kamu bisa melihat konten iklan mana yang lebih menarik lebih banyak trafik.

Sayangnya, jenis iklan uji split membutuhkan dana dua kali lipat dibandingkan jenis pengoptimalan anggaran. Pada langkah ini Kamu juga perlu menentukan anggaran iklan.

6. Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik

Tulis nama iklan agar Kamu bisa mengecek performa iklan-iklan di Instagram Ads. Kemudian pilih tujuan trafik ingin diarahkan ke mana. Kamu bisa mengarahkan trafik atau lalu lintas ke website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp.

7. Tampilkan Promo

Jika Kamu sedang menjalankan promo di bisnis, centang pilihan promo untuk menampilkan promo tersebut.

8. Tentukan Target Audience

Kamu bisa menentukan spesifikasi target audience berdasarkan faktor di bawah ini:

  • Pemirsa Khusus
  • Lokasi
  • Umur
  • Jenis Kelamin
  • Bahasa
  • Penargetan Terperinci
  • Koneksi

9. Tentukan Penempatan

Jika memilih penempatan otomatis, iklan akan ditampilkan di Facebook, Instagram, dan semua aplikasi yang bekerjasama dengan Facebook. Namun, Jika iklan ingin ditampilkan di Instagram saja, maka kamu bisa memilih edit dan mencentang Instagram saja.

10. Pilih Jadwal

Tentukan berapa lama iklan akan ditampilkan.

11. Hubungkan dengan Akun Instagram

Di langkah ini yang perlu dilakukan adalah menambahkan akun Instagram yang ingin dihubungkan dengan halaman Facebook. Sebaiknya Kamu tambahkan akun Instagram khusus untuk mempromosikan bisnis.

11. Pilih Format Iklan

Terdapat lima jenis format iklan yang dapat Anda pilih, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Karosel akan menampilan iklan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang dapat digeser.
  2. Gambar Tunggal akan menampilan iklan dengan 1 gambar.
  3. Video Tunggal akan menampilkan Iklan dengan sebuah video.
  4. Tayangan Slide akan menampilkan Iklan dengan gambar atau video slide hingga 10 gambar
  5. Koleksi akan menampilkan Iklan berupa gabungan gambar dan video.

12. Buat Teks

Pada bagian ini tulis deskripsi iklan. Buatlah deskripsi yang menarik dan singkat agar audience bisa langsung paham tujuan Instagram Ads.

13. Pilih Gambar, Tulis Judul, dan Masukkan Tautan

Pilih gambar yang sesuai dengan deskripsi iklan. Tambahkan judul iklan yang menarik perhatian target audience. Masukkan juga link atau tautan yang dituju.

14. Lakukan Pembayaran

Kamu bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau kartu debit. Setelah melakukan pembayaran Facebook akan mereview iklan dan akan segera menampilkannya kalau sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Setelah itu klik lanjutkan dan Iklan mu akan dengan sendirinya tampil di instagram. Dengan sederet langkah ini tentunya membuat sedikit bingung yah sob. Tapi jangan malas yah, sob. Kamu harus belajar agar bisnismu semakin meningkat.

Tapi, jika memang sangat-sangat malas dan tidak paham juga, kamu bisa meminta bantuan dari jasa digital marketing. Sudah banyak perusahaan profesional yang menyediakan jasa optimalisasi iklan melalui digital.

  • harga ig ads 2022
  • instagram ads indonesia
  • cara beriklan di instagram tanpa facebook
  • instagram ads biaya
  • ig ads adalah
  • cara membuat ads instagram story
  • harga instagram ads perbulan
  • jasa instagram ads